efektif efisien, ah ngga penting

Efektif bisa diartikan mengerjakan hal hal yang dapat mendekatkan kita kepada tujuan. Sedangkan efisien adalah mengerjakan hal hal –entah itu penting ataupun tidak- dengan menggunakan sumber daya sesedikit mungkin.

Satu hal yang perlu diingat bahwa kita biasanya lebih cenderung melakukan sesuatu dengan efisien namun kurang memperhatikan efektifitasnya. Berupaya mendapatkan sebanyak mungkin dengan usaha sesedikit mungkin walaupun terkadang mendapatkan sebanyak mungkin bukanlah tujuannya.

Mengerjakan sesuatu yang tidak penting dengan baik, tidak akan menjadikan hal tersebut menjadi penting
Mengerjakan sesuatu yang menyita banyak waktu juga tidak akan menjadikan hal tersebut menjadi penting

Jadi anda sungguh tidak perlu –karena tidak penting- mempelajari berbagai rumus matematika yang secara ajaib dapat membuat anda stress seketika waktu melihatnya jika cita cita anda ingin menjadi ahli tatanegara. Atau memikirkan kembali untuk melakukan pemilihan secara seksama, alih alih menyebarkan proposal ke seratus tujuan random tanpa analisis terlebih dahulu.

Mulailah berkerja dengan cerdas yaitu berkerja dengan efektif dan efisien ketimbang hanya efisien. Efisien itu memang sangat penting dalam berbagai hal, namun mungkin anda akan kehilangan arti pentingnya jika secara sembrono menerapkannya pada hal hal yang tidak tepat.

Mulailah membuat daftar pekerjaan beserta waktu pengerjaannya ketika anda bekerja di depan laptop. Karena biasanya, sebagian waktu dapat anda selamatkan dengan cara ini. Alih alih berkerja efektif, biasanya kita malah banyak menguras waktu dengan justru mengerjakaan hal hal remeh temeh ketimbang pekerjaan yang memang penting ketika di meja kerja.

Apa yang anda kerjakan adalah jauh lebih penting ketimbang bagaimana anda mengerjakannya. Temukan hal hal yang penting dan kerjakan lalu tinggalkan yang selainnya. So jangan hanya diam, kerjakan sekarang juga
2 comments:

"Apa yang anda kerjakan adalah jauh lebih penting ketimbang bagaimana anda mengerjakannya."

oh really? bukankah 'bagaimana' adalah perkara proses?

I think, both 'apa' dan 'bagaimana' is the same important, sir... What if 'apa' is something which very important to do, but 'bagaimana' is forbidden way to accomplish 'apa'? Wouldn't it be something pathetic?

just a glance view from a pink-glasses kupu, anyway ;)

yang pasti, efektif dan efisien akan menjadi sebuah hal cantik dan sangat penting untuk dipadukan ^_^


terkadang komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan..itu yang sulit..

kerja efektif dan efisien = kerja cerdas..mesti terus belajar dan latihan, sampe bener2 cerdas kerjenye..


Post a Comment

Tinggalkan Pesanmu

Followers


The Fellowship of Blog

Recent Posts

Recent Comments