TARIAN RINTIK ROMANSA PETANG

1:37 AM
genderang angkasa ditabuh gemuruh,
ramai

selimut hari sang rawi sembunyi,
dingin

tetari rintik romansa alam,
cantik

aku girang mereka senang,
kuyup

semuanya sunyi dalam diam,
hening

tertegun menanti,
rahmat turun gemulai,
pentas langit hadir di bumi

(Pontianak ketika hujan, 31 Okt 29)



Read On 4 comments

Mari Bersastra

3:22 AM
Ada apa gerangan dengan situs Kemudian.Com, acapkali mencoba turut berbagi sastra di sana, tetapi tetap saja tidak bisa ^_^

Situs itu telah jadi teman saya melukis panorama hati selama hampir seratus pekan ini. Dulunya jadi wadah karya yang beda warnanya, dan merasa aman ditempatkan di sana. Karena tak semua mampu mensari artinya yang beda warna tadi, hehehe ^_^

Tapi belakangan, setelah wawasan ini sedikit dibukakan oleh Robb Semesta perihal makna bersastra, barulah saya terjaga dari haluan itu. Lewat secoret tulisan ini pula, saya ingin mengajak para pembaca untuk bergiat diri dalam bersastra. Karena -saya rasa- sungguh banyak manfaatnya. Saya coba menghidangkannya lewat sesajak singkat.

Dan sekarang tatkala situs tersebut sedang terganggu, bukankah tak mengapa bila saya berbagi sesajak itu di sini sahaja? Kendati masih berlawang hati karena telah menulis dua puisi sebelum ini, saya mencoba menulis lagi, hanya untuk berbagi. Jadi semoga dapat dipetik ranum buahnya dan diambil sari manisnya.


Buat Apa kita Bersastra?

Jika ada tanya perihal kenapa bersastra
Ilmuku tak jamak beranak
Hanya paham seserpih sahaja

Pujangga dapat menghimpun waktu
Dalam jejalin kata berkesan
Harum semerbak hingga beberapa kurun kedepan
Tak surut manusia meneguk manisnya,
Mengambil sarinya

Ada lagi,

Ajarkanlah sastra kepada anak-anakmu,
karena itu mengubah bocah pelasi menjadi perwira
begitu kata penghulu satria

Dan ada lagi,

Tak usah lupa,
Sastra ilahilah yang menuntun manusia dalam belasan abad dunia
Bukan begitu?

Dan kurasa masih banyak lagi selain itu.

(Baiti - Pontianak, 28 Oktober 2009)
http://www.kemudian.com/users/al-faqir


Read On 0 comments

Bukan Pujangga Jemawa

2:58 AM
Sungguh aku bukanlah pujangga jemawa
Bertahta tetutur
Berselempang sutra sastrawi
Demi sanjungan tuan pemikat puan

Semesta gubahanku sekedar lukisan hati
Palagan isak, berang, bahagia
Lara nan pedar berjalin girang ceria
Menjelmakan tinta selaksa warna dunia

Sungguh bilamana kata telah terjalin
Itu hanyalah aku
Tak coba menyabur durja durjana
Sebab paras jiwa belaka terpentas padamu

Jika saja cita tiada mengena
tak mengapa hina dan cela
sebab itulah adanya aku
namun
Tatkala elok pesonanya
Lalu manis ranum bermakna
Jangan jengah kau petik nikmatilah ia

Karena itu memang untukmu, wahai temanku

kasi komen juga di sini yah ^_^ http://www.kemudian.com/node/237934
Read On 1 comments

Pelatihan CorelDraw X4

4:33 AM
Alhamdulillah akhirnya terlaksana juga pelatihan CorelDraw X4 nan sederhana. Sudah cukup lama sebenarnya menjadi beban fikiran, menggelayut seakan enggan lepas dari benak. Bukannya tidak diusahakan, melainkan memang tidak sedikit halangannya. Sehingga setelah beberapa kali mencoba barulah sekarang Allah mengijinkan kegiatan ini terlaksana.
Jika dikatakan semangat finansial yang melatarbelakangi kegiatan ini, maka dapat dijawab dengan tegas dan dengan diksi yang paling lugas. TIDAK….!


Lalu sebagian teman yang telah mengenal saya sedikit lebih dalam mungkin akan bertanya, kenapa tidak? ^_^ Jika mengikuti naluri FQ (Financial Quotient) memang pelatihan ini dapat dengan mudah di –meminjam istilah blogspot- MONETIZE atau –menggunakan istilah sendiri- DIUANGKAN dalam artian dijadikan sumber pemasukan saya. Tetapi sekali lagi bahwa jika dikatakan semangat finansial yang melatarbelakangi kegiatan ini, maka dapat dijawab dengan tegas dan dengan diksi yang paling lugas. TIDAK….!

Yups, acara ini memang gratis. Tidak dipungut bayaran sedikitpun. Yang mau boleh ikutan asal konfirmasi dulu n bawa perlengkapan sendiri (laptop). ^_^

Jika bukan semangat finansial lalu apa? Yah inilah dia yang namanya berbagi. Bukan karena udah jago bener CorelDraw aw serupa kesombongan. Tapi ini semua berangkat dari keterkejutan saya setelah mengetahui banyaknya rekan rekan yang begitu ingin belajar CorelDraw, namun sayang sepertinya tidak mampu memenuhi keinginan tersebut lantaran beberapa hal, termasuk didalamnya ketiadaan teman yang bersedia mengajari. Lalu dengan berbekal ilmu CorelDraw yang masih cetek ^_^ karena didapat dengan belajar otodidak saya pun memberanikan diri tuk ngadain pelatihan ini.

Selain itu tentu saja kita sudah sama-sama tau kalo, dalam beberapa sumber hukum kita juga terdapat topik yang bicara perihal serupa ini :

Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam al-Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati," (Al-Baqarah: 159).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., dari Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa ditanya tentang sebuah ilmu lalu ia menyembunyikannya, niscaya Allah akan mengikat mulutnya dengan tali kekang dari api Neraka pada hari kiamat," (Shahih, HR Abu Dawud [3658], Tirmidzi [2649], Ibnu Majah [261], Ahmad [II/263, 305, 344, 353, 495, 499 dan 508], Ibnu Hibban [95], ath-Thayalisi [2534], Ibnu Abi Syaibah [IX/55], al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah [140] dan al-Hakim [I/101]).

Diriwayatkan dari 'Abdullah bin Umar r.a., bahwa Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa menyembunyikan ilmu, maka Allah akan mengikat mulutnya dengan tali kekang dari api Neraka pada hari Kiamat," (Hasan, HR Ibnu Hibban [96], al-Hakim [I/102], al-Khathib al-Baghdadi dalam Taariikh Baghdaad [V/38-39]).

Ups, hehe mungkin ada yang protes ya ^_^

Emang sih ada ulama yaitu Syaikh Salim bin 'Ied al-Hilali, dalam kitabnya Al-Manaahisy Syar'iyyah fii Shahiihis Sunnah an-Nabawiyyah pernah menjelaskan lewat kutipannya sebagai berikut :

Imam al-Baghawi menukil perkataan al-Khaththabi dalam Syarhus Sunnah (I/302) sebagai berikut, "Ilmu yang tidak boleh disembunyikan adalah ilmu yang harus diajarkan kepada orang lain dan hukumnya fardhu 'ain. Misalnya orang kafir yang ingin memeluk Islam lalu berkata, 'Ajarilah aku apa itu Islam?' Contoh lain, orang yang baru saja masuk Islam dan belum dapat mengerjakan shalat dengan baik, sementara waktu shalat sudah tiba, lalu ia berkata: 'Ajarilah aku cara mengerjakan shalat.' Misal lainnya, orang yang datang meminta fatwa tentang halal atau haram, ia berkata: 'Berilah aku fatwa, bimbinglah aku.' Maka dalam perkara-perkara seperti itu janganlah menahan jawaban. Barangsiapa menahan jawaban, maka ia telah berdosa dan berhak mendapat ancaman tersebut. Namun tidak demikian halnya jika ilmu yang ditanyakan itu adalah ilmu yang tidak wajib dan tidak mesti diketahui oleh orang lain, wallahu a'lam."

Tetapi saya pribadi tetap saja agak merinding jika ngebayangin kalo nantinya ilmu ilmu itu – walaupun seperti Corel aw Photoshop- bakal dipertanggungjawabkan di hari akhir. Dan ketika waktu itu telah tiba, saya ternyata blum memanfatkan ilmu yang diberikan oleh yang Maha Mengetahui itu secara maksimal dan bahkan belum menyebarkannya kepada siapapun. Duh kebayangkan, bisa bisa langsung dapat tiket gratis ke You Know What. Naudzubillahi min dzalik

Nah dalam rangka itu pulalah perhelatan ini digelar (dubrak, hiperbola)

Pelatihan CorelDraw terlaksana juga atas kerjasama yang baik dari Sang Bintang School yang telah mensupport perlengkapan juga dengan cuma-cuma alias gratis ^_^

Dan walau yang datang tidak terlalu banyak, serta yang datangpun akhwat semua tapi alhamdulillah semuanya lancar. Namun meskipun diadakan hingga mendekati jam 11 siang tetap saja masih terasa kurang karena memang untuk mempelajari CorelDraw dari awal dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Untuk itu insya Allah pelatihan sejenis akan diadakan kembali.

Selain itu pula saya masih dirisaukan perihal satu ilmu lagi. Yaitu pembuatan web beserta pernak perniknya. Mudah mudahan dikemudian hari bisa juga melaksanakan pelatihan serupa namun dengan tema pembuatan web. ^_^
okeh
Read On 2 comments

Tinggalkan Pesanmu

Followers


The Fellowship of Blog

Recent Posts

Recent Comments