Sampaikan aja walau dikit

Wah sudah cukup lama rasanya ngga posting diblog ini. Banyak sekali rasanya ilmu yang didapat namun tak sempat dibagi di sini. Banyak pula ide ide yang berseliweran namun tak mampu direkam dalam tulisan. Nah hari ini ada sedikit waktu tersisa yang mampu dipertahankan dari rasa capek serta dibebaskan dari berbagai agenda pribadi yang telah dijadwalkan. Semoga saja bisa buat artikel yang bermanfaat.



Subhanallah, luar biasa arti sebuah ilmu pengetahuan dan wawasan. Sedikit saja ciptaan Allah ini dipercikkan ke dalam aqal manusia, maka dapat membuat perubahan yg tak dapat dikira kira. Hahaha bukan sekedar kata namun benar benar tak dapat dikira efek yang ditimbulkannya ^_^.

Ada seorang yang ketika mendapatkan ilmu yang baru dengan tiba-tiba saja melejit tinggi dan ber-revolusi menjadi sosok yang baru dengan berbagai keutamaan. Ialah Umar Al Faruq yang berubah seketika ketika mendapatkan hidayah hingga menjadikannya sosok yang luar biasa. Namun ada juga yang bahkan kita tak dapat melihat sama sekali dampak dari percikan ilmu yang diterima akalnya. Didapat lalu didiamkan, sungguh malang nasib manusia yang seperti ini.

Maka sudah sewajarnya bagi kita yang telah berkali-kali mendengar bahkan berkali-kali pula memberikan nasehat yang bunyinya “Sampaikanlah ilmu walau satu ayat” untuk mengejawantahkannya dengan sebenar benar pengejawantahan. Yaitu menjadikannya sebagai sebuah prinsip yang dipegang dan dilaksanakan dalam keseharian tanpa pengecualian.

Serangkai kalimat yang tidak panjang tersebut bicara mengenai orang-orang yang secara kontinyu menyampaikan ilmunya kepada orang lain. Dan memberikan pengasingan yang nyata kepada orang yang kikir terhadap pengetahuan yang dimilikinya, yang berfikir bahwa kekikirannya itu akan menjadikannya lebih dari pada orang lain. Namun ia justru menjadi orang yang tidak mengetahui bahwa perbuatannya telah menjeremuskannya pada neraka yang menyala nyala.

Hadits tersebut bahkan telah membentuk sebuah atmosfer sarat pengetahuan dalam bingkai ukhuwah islamiyah hingga akan menjadikan siapa saja yang memasukinya menjadi orang yang berilmu karena bergaul dengan orang orang berilmu yang senantiasa membagikan ilmunya dengan keikhlasan hingga mudah diterima dan diamalkan.

Maka dari itu marilah kita dengan kesadaran penuh mulai menjadikan kebiasaan membagikan ilmu yang kita ketahui menjadi amal harian kita. Dan menjadi semakin berilmu dengan kebiasaan itu.

Nah mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan. Ayo smangaaaaaaaaaaat ^_^
0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesanmu

Followers


The Fellowship of Blog

Recent Posts

Recent Comments