The League of Extraordinary Gentlemen

Ya kita sudah cukup tak biasa jika menjadi seorang yang jujur, baik hati dan atau gemar memberikan pertolongan tanpa diminta. Kita juga menjadi tidak biasa jika bersedia mendengar berbagai keluh kesah orang di sekitar kita serta berusaha membantu mereka sepenuh hati. Maka bisa jadi inilah definisi tak biasa -The Extraordinary- bagi sebagian orang.

Namun rasanya menjadi tidak biasa yang dimaksud disini tidaklah semudah menjadikan diri berbeda, bukan begitu? Entahlah berapa banyak orang yang belum terlalu yakin bahwa kita tidak seharusnya menjadi orang yang biasa biasa saja. Akan tetapi dengan sedikit penekanan di sini saya ingin menambah keyakinan orang orang tersebut bahwa untuk mencapai cita-cita besar memang tidak mungkin dengan kemampuan yang biasa biasa saja. Kecuali memang rela hanya memiliki cita cita kerdil. Sebagaimana sebagian dari manusia di muka bumi ini.

Jadi sungguh tidak ada pilihan lain bagi siapa saja yang memiliki cita setinggi langit kecuali mentransformasi dirinya menjadi The Extraordinary dalam usahanya mencapai cita itu. Nah sejauh pemahaman saya pribadi setidaknya ada satu hal pokok yang menjadi wajib untuk sesiapa saja yang ingin menjadi The Extraordinary. Dalam bahasa yang paling ringan dan paling mudah dipahami, ini dapat diwakili dalam satu kata yaitu Tujuan. Tujuan hidup kita masing masing.

Sebagaimana tujuan dalam bepergian, tujuan hidup juga perlu dijadikan lebih spesifik hingga dapat menghantarkan pada tempat yang tepat. Kita tidak akan mudah mencapai tujuan jika hanya dibekali nama kota tujuan tanpa alamat lengkap berupa nama jalan, nama komplek, no rumah dan yang lainnya. Maka seperti itu pulalah tujuan hidup. Kita tidak akan dapat benar benar sampai pada tujuan jika tujuan tersebut tidak spesifik.

Tujuan hidup yang hakiki hanya perlu diketahui bukan ditetapkan. Karena setiap manusia telah diberi tujuan hidup yang pasti dan satu. Namun bagi yang merasa tidak sepakat dengan saya silakan mencari kembali dan menetapkan tujuan hidupnya. Ingat kembali bahwa sebuah tujuan haruslah spesifik dan benar benar jelas serta tentu saja benar benar “benar”. Untuk itu bagi yang telah memiliki tujuan hidup silakan kembali memahami tujuan tersebut hingga benar benar paham seluk beluknya tanpa terkecuali.

Jika ada orang ada yang berkata bahwa tujuan hidupnya sekedar ingin menjadi sukses maka sudah barang tentu bukan tujuan hidup seperti ini yang ingin kita miliki. Setidaknya jika ingin menjadi sukses haruslah tau kesuksesan seperti apa yang diinginkan, dimana kesuksesan itu akan diwujudkan dan kapan waktunya. Jika ada yang menginginkan syurga, setidaknya ia harus tau syurga seperti apa yang ia inginkan, apa ciri ciri penghuninya dan lain sebagainya. Itulah kenapa para sahabat Rosulullah begitu bersemangat berlomba-lomba kepada kebajikan, salah satu sebabnya karena mereka tau betul tujuan yang ingin dicapai. Nah langkah berikutnya adalah menentukan tahap tahap dalam mencapai tujuan, strategi, prosedur pelaksanaan dan perangkat prangkat mencapaian yang lain.

Yang patut diingat adalah dunia merupakan ladang bagi kehidupan akhirat. Maka tidak ada istilah tujuan hidup dunia dan tujuan hidup akhirat. Yang ada hanyalah pentahapan karena setiap apa yang terjadi di dunia secara pasti akan berefek pada akhirat. Karena tidak ada suatu bentuk usaha apapun yang dapat dilakukan setelah kematian, maka optimalkanlah semuanya sekarang.

Kesemuanya ini dapat dirangkum secara singkat dalam lima pertanyaan yang sudah sangat familiar dan sering kita dengar yaitu 4W + 1H :

Who     : Siapa yang akan melakukannya

What    : Apa yang akan dicapai

Where  : Dimana

When   : Kapan

How     : Dan terakhir, bagaimana tujuan itu diwujudkan

Nah jika kita telah mampu menjawab kelima pertanyaan tentang tujuan hidup ini maka itu berarti kita telah memiliki bekal untuk menjadi The Extraordinary. Dan bila kita mampu melaksanakannya maka ketika itulah kita benar benar menjadi The Extraordinary. Oke, mari kita memacu diri untuk mencapai tujuan hidup kita.

1 comments:

"Oke, mari kita memacu diri untuk mencapai tujuan hidup kita."

Mari!!Allahuakbar!!


Post a Comment

Tinggalkan Pesanmu

Followers


The Fellowship of Blog

Recent Posts

Recent Comments