Amal yang lebih lezat dari coklat

APAKAH ANDA YAKIN BAHWA PADA TANGGAL 1 SYAWAL INI ANDA SUDAH KEMBALI FITRI?

Jika pertanyaan itu diajukan kepada anda sekarang, maka apa yang akan anda jawab?

Jika jawaban anda adalah keraguan atau bahkan yakin bahwa anda tidak kembali fitri karena beberapa alasan maka mari kita bicara sedikit tentang beberapa hal di sini.

Hari Idul Fitri merupakan hari penuh kemuliaan. Di dalamnya berlimpah rahmat dan ampunan hingga membanjiri bumi. Banyak pula amalan amalan yang disunnahkan ketika itu. Mulai dari puji pujian, lalu sholat akbar di kala waktu dhuha hingga silaturahim maaf memaafkan.

Namun adapula sebuah amalan yang terkesan ringan dan acapkali dilupakan namun memiliki makna mendalam dan berefek luarbiasa. Yang memperparah keadaan malah sebagian dari kaum muslimin tidak mengetahui amalan ini. Bukan sebab tidak tau karena ia sudah sering disebut dan dipaparkan. Amalan yang saya maksud adalah husnudzon, atau berprasangka baik. Berprasangka baik pada dua sisi.

Setidaknya anda mampu berprasangka baik pada Allah swt dan pada diri sendiri. Ia adalah Yang Maha Pengampun, Ia pula Yang Maha Pemurah, segala apa yang dikerjaan manusia akan diampuni kecuali ketidak setiaannya (syirik). Kita pun telah mengenal 97 nama Allah yang lain, maka tentu tidak akan sangsi akan kebesaran-Nya.

Dengan meyakini ke-Maha Pengampunan-Nya maka andapun hendaknya yakin bahwa ia akan mengampuni setiap hamba karena ia juga Maha Pengasih, Maha Penyayang serta Maha Pemurah. Lalu tentu kitapun termasuk dalam golongan orang-orang yang diampuni itu, selama tidak terdapat debu syirik dan kesombongan yang mengotori. Lalu ada baiknya pula jika kita mengingat bahwa Allah adalah sesuai prasangka hamba-Nya. Dengan mengingat itu mungkin akan dapat membantu kita untuk berprasangka baik.

Dan bila sekali lagi ditanyakan,

APAKAH ANDA YAKIN BAHWA PADA TANGGAL 1 SYAWAL INI ANDA SUDAH KEMBALI FITRI?

Cobalah untuk menjawab bahwa anda yakin, kemudian yakini jawaban tersebut. jika anda melakukannya tentu anda akan merasakan sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang indah dan damai. Dan pada gilirannya, keyakinan itu akan melahirkan amal amal baru yang membawa perubahan besar pada diri anda.

Cobalah melakukannya sekarang dan tentu anda dapat merasakan bahwa benar amalan ini sungguh nikmat, tidak dapat dibandingkan dengan nikmatnya coklat ^_^

note : masih kurang sreg, mungkin bakal ada yang ditambah dan dikurangi dalam tulisan ini, tapi buru buru diterbitkan takut kehilangan momen ^_^

2 comments:

should it be compared to caklet? my fav yummy sweety snack..


yups, salah satu makanan dengan sejarah panjang dan penggemar terbanyak di dunia ^_^


Post a Comment

Tinggalkan Pesanmu

Followers


The Fellowship of Blog

Recent Posts

Recent Comments