Petualangan Mencari Mutiara Inspirasi - The Trilogy

Inspirasi merupakan hal yang sangat berharga karena efeknya yang luar biasa pada diri seseorang. Dengan inspirasi seseorang mampu menghasilkan sebuah karya yang begitu besar dan mampu mengubah peradaban. Sebagaimana Ibnu Musa Al Khawarizm yang menemukan dan menjelaskan kaidah perhitungan linier dan kudrat yang telah mengubah alur perkembangan matematika dunia. Atau Ibnu Ismail Al Jazari yang meletakkan batu pijakan bagi prinsip prinsip hidrolik yang menghasilkan berbagai teknologi yang berkembang saat ini. Dengan inspirasi ini pulalah dunia melahirkan sederet manusia manusia luar biasa yang memenuhi setiap lembar sejarah yang ada.

 

Di lain sisi inspirasi justru dirasakan kian mahal sehingga banyak orang yang merasa begitu kesusahan untuk mendapatkannya. Dan sekali lagi inspirasi dirasakan kian langka dan semakin sulit dicari. Namun benarkah apa yang “dirasakan” sebagian orang itu ? nah untuk pertanyaan yang satu ini saya ingin bukan saya yang menjawabnya. Dengan trilogi artikel ini diharapkan pertanyaan tersebut akan terjawab dengan sendirinya. Baiklah mungkin itu saja yang ingin saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Karena ini artikel pembuka maka memang sengaja tidak dibuat terlalu panjang. Namun sebelum mengakhirinya saya memiliki beberapa kata-kata bijak untuk direnungkan dan dipahami maksudnya :

 

“Saya suka menulis waktu saya merasa kesal; itu seperti bersin yang melegakan.” [D.H. Lawrence]

3K untuk meraih kesuksesan : kreatif, komitmen, konsisten” [Wisnu Murti Suryaningrat]

“Menulislah dengan bebas dan secepat mungkin, dan tuangkan semuanya ke atas kertas. Jangan melakukan koreksi atau menulis ulang sebelum semuanya habis Anda tuliskan.” [John Steinbeck]

“Dengan cerita, kita mampu menghimpun pernak-pernik kehidupan yang berserakan” [Hernowo]

“Kita tidak menulis untuk dipahami; tetapi untuk memahami.” [C. Day Lewis]

“Di mana pun saya menemukan tempat untuk duduk dan menulis, di situlah rumah saya.”[Mary TallMountain]

“Deskripsi (penggambaran) harus menyelusup ke dalam cerita bagaikan seekor ular merayap di rerumputan, diam-diam, hampir ak terlihat, tanpa menarik perhatian.” [Marion Dane Bauer]

“Kadang-kadang, kata yang paling sederhana adalah yang paling indah. Dan paling efektif.”[Robert Cormier]

“Jangan pernah ragu meniru penulis lain. Setiap seniman yang tengah mengasah keterampilannya membutuhkan model. Pada akhirnya, Anda akan menemukan gaya sendiri dan menanggalkan kulit penulis yang Anda tiru.” [William Zinsser]

“Yang menyebabkan kalimat pertama begitu sulit adalah karena Anda terpaku padanya. Semua yang lain akan mengalir dari kalimat itu.” [Joan Didion]

“Gagasan seorang penulis adalah hal-hal yang menjadi kepeduliannya.” [John Gardner]

‘Dan karena saya tidak menemukan hal lain untuk ditulis, saya menyediakan diri sendiri sebagai subjek.” [Montaigne]

“Ruang menulis saya selalu penuh dengan skema garis besar dan bagan cerita (story-board) bab terbaru.” [Janet E. Grant]

“Menulis itu Perjuangan” [Wijaya Kusumah]

“Sebuah karya akan memicu inspirasi. Teruslah berkarya. Jika Anda berhasil, teruslah berkarya. Jika Anda agal, teruslah berkarya. Jika Anda tertarik, teruslah berkarya. Jika Anda bosan, teruslah berkarya.” [Michael Crichton]

“Menulis adalah menulis adalah menulis adalah menulis adalah menulis adalah menulis adalah menulis…” [Gertrude Stein]

Baiklah segitu dulu, semoga ada manfaatnya, dan nantikan artikel berikutnya J

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesanmu

Followers


The Fellowship of Blog

Recent Posts

Recent Comments